Monday, February 4, 2019

Yuk Intip Sejarah Awal Mula Kilogram

Banyak ilmuwan bakal mengedit arti kilo-gram, yg di kaitkan dengan pertanda langgeng alam : Konstanta Planck dalam Pertemuan Umum terkait Berat serta Ukuran di Prancis, yg di mulai 16 November ini, sama seperti dilaporkan Vox, 16 November 2018

Baca : Tulis, Hari Ini Ilmuwan Bakal Definisikan Kembali Kilo-gram

Tetapi, sedikit orang paham bagaimana histori ukuran yg kerap di sebutkan di pasar disaat beli suatu hal ini. Disaat Anda pergi ke toko kelontong serta menimbang apel, bagaimana taraf itu tahu berapakah satu pon? Biar pengukuran massal rasional, kita butuh titik perbandingan terus.

Apel-apel itu butuh menimbang tambah banyak atau lebih dikit dari suatu hal. Buat menjauhi keributan, serta buat sangat mungkin ekonomi kita memiliki fungsi, suatu hal mesti disadari dengan cara universal.


Taraf di toko dikalibrasi dengan berat yg dikalibrasi dengan berat yg dikalibrasi dengan berat, dan lain-lain. Semua kalibrasi itu ditelusuri kembali oleh tubuh non-reguler sisi administrasi technologi dari departemen perdagangan Amerika (NIST) .

Berat serta ukuran yg berkesinambungan lebih utama ketimbang bahan makanan. Asumsikan apabila Boeing tidak mengerti persis terkait berat pesawat, atau apabila industri farmasi tidak bisa tentukan massa yg pas dari dosis obat yg kecil, itu miliki potensi mematikan.

Warga Amerika tetap memanfaatkan grup imperial : pound serta ons. Tetapi, kenyataannya, semua pengukuran datang dari Metode Grup Internasional, atau SI, yg memanfaatkan mtr. serta kilo-gram jadi grup basic panjang serta massa.

Dengan cara sah, di Amerika, 1 pon didefinisikan jadi 0, 45359237 kilo-gram. Dengan cara sah, kaki didefinisikan jadi 1. 200 per 3. 937 mtr..

Tetapi metode tak selamanya demikian teratur. Sebelum Revolusi Prancis serta penemuan metode metrik, sistem-sistem berat serta ukuran-ukuran di semuanya dunia merupakan keributan yg tak teratur.

" Asumsikan suatu dunia dimana setiap waktu Anda berpergian mesti memanfaatkan konversi yg tidak sama buat pengukuran, seperti yg kita melakukan buat mata uang, " kata Madhvi Ramani dari BBC.

Revolusi Perancis merupakan terkait menggulingkan hirarki kuno, hiruk-pikuk yg tersisa dari jaman feodal serta membuat kembali warga dengan pemikiran egaliter dalam pikiran.

Mendapat inspirasi revolusi, banyak ilmuwan kala itu mau mengawali dengan yg baru, metode pengukuran berkesinambungan, menurut unit-unit, bukan pada mandat sewenang-wenang dari raja-raja, namun dari alam.

" Ini merupakan perkara sebelum Revolusi Perancis diakhir zaman 18, dimana berat serta ukuran banyak variasi bukan hanya dari satu negara ke negara beda, namun ikut dalam sekian banyak negara, " kata Ramani. Maksudnya adalah untuk membuat metode pengukuran 'untuk semua waktu, buat semua orang'.

Karena itu, disaat Biro Berat serta Ukuran Internasional dibuat di Prancis dalam akhir 1800-an, meteran, grup panjang standard dicetak berubah menjadi sepersepuluh juta jarak dari Kutub Utara ke khatulistiwa. Gr ambil ide dari kerapatan air, lebih kurang sama seperti massa 1 sentimeter kubik air yg disimpan pada 4 derajat celcius.


Buat meyakinkan banyak orang pada dunia mendalami, banyak penemu metode metrik hendak memutuskan bikin object fisik buat wujudkan serta mendefinisikannya. Mereka bikin batangan logam setinggi 1 mtr., membuat Big K buat mewakili massa 1 kilo-gram, atau 1. 000 gr.

Sejak mulai zaman ke-19, semua peninggalan fisik dari metode metrik lama udah digantikan oleh pengukuran yg menempel pada kapabilitas alam yg stabil. Mtr. sebelumnya didefinisikan jadi bagian ukuran Bumi.

Namun bahkan juga bentuk dunia mungkin tak permanen. Bumi mungkin tak permanen, jadi saat ini, meteran ditetapkan oleh kecepatan sinar. Detik di kaitkan pada pergerakan atom-atom unsur cesium. Cuma kilo-gram yg tetap ditetapkan oleh object fisik buat sekarang.
Sumber : Blog Definisi

3 comments: