Saturday, March 30, 2019

Jangan Lewatkan perbedaan antara "bulat" dan "bundar"

Internal DPR tak dengan cara bundar beri dukungan pembangunan gedung perpustakaan yg infonya paling besar se-Asia Tenggara. Walaupun sebenarnya, anggarannya udah masuk di APBN 2016 sejumlah Rp 570 miliar. Demikian pembuka berita di situs JPNN.

Kenapa kalimat itu memanfaatkan kata " bundar " serta bukan " bulat " ? Apa ketaksamaan dua kata itu?
Baca Juga : pengertian bilangan bulat

Jadi kata pembawaan, kata bundar kebanyakan diperuntukan buat pembawaan benda tiga dimensi (mempunyai volume) , umpamanya bumi bundar, dan bulat diperuntukan buat pembawaan benda dua dimensi, umpamanya meja bulat. Tetapi, ke dua kata ini kadangkala bisa sama sama mengambil alih. Selanjutnya arti kedua-duanya :

bundar a 1 bersifat seperti bola : bumi ini -- mempunyai bentuk ; 2 bersifat lingkaran ; bulat (tiada bersudut) : meja -- yg besar itu sesuai buat meja makan ; 3 tak terpecah ; utuh : bilangan - ; 4 tiada terkecuali : masukan itu di terima rapat dengan nada - ; 5 seia sekata ; semuanya : rapat dengan cara -- menampik masukan itu ;

bulat a bersifat lingkaran (melengkung) dengan jari-jari yg sama : meja - ;
Artikel Terkait : pengertian bilangan cacah

Bisa disaksikan kalau bundar punyai tambah banyak arti ketimbang bulat. Ada sejumlah arti pada bundar yg tidak bisa digantikan oleh bulat. Kita tidak bisa, umpamanya, menyebutkan bilangan bulat, nada bulat, serta kebundaran niat.

No comments:

Post a Comment