Friday, March 15, 2019

Jangan Lewatkan Siklus Gempa Bumi dan Tsunami di Donggala

Bulan Juli 2018 , Team Ekspedisi Palu-Koro yang berusaha buat Pengurangan Kemungkinan Petaka di Sulawesi Tengah, terbagi dalam pakar Geologi, Geofisika, Biologi, Lingkungan, Pariwisata, serta Histori lakukan ekspedisi sesar palu-koro yang ke-2 kalinya. Ekspedisi ini punya tujuan buat mencari tahu perubahan dari sesar Palu-Koro serta memberi info ke Penduduk di Sulawesi Tengah.

Kami telah memberikan maksud serta hasil ekspedisi terhadap Gubernur Sulawesi Tengah di kantornya, kami cemas ada pengulangan gempa bumi serta air laut berdiri (isitilah penduduk ditempat buat tsunami) , jadi minta supaya diimbaukan ke Penduduk, serta beliau menanggapinya dengan baik, soal ini memang jadi tanggung jawab bersama. Artikel Terkait : daur hidrologi

Propinsi Sulawesi Tengah terutama Palu serta sekelilingnya mesti mulai sadari kehadiran metode Sesar Palu-Koro ini serta Pemerintah Sulawesi Tengah mesti mengaplikasikan tata ruangan berbasiskan petaka alam.

Penduduk Palu serta sekelilingnya mesti mulai sadari kehadiran metode Sesar Palu-Koro.

Mengetahui Sesar serta Metode Sesar Palu-Koro


Kenampakan citra Sesar memotong Lembah Palu serta Lembah Koro. (Photo : Asia Research Kelompok)
Dengan arti, sesar (fault) sama juga dengan patahan (faulting) kerak bumi (crust) yang beralih urutan dari urutan mula-mula. Apabila cuma patah saja, tidak beralih urutan, dimaksud kekar. Bentuk sesar ada tiga ragam, ialah sesar turun (sesar normal) , sesar naik serta sesar geser. Dua bentuk yang pertama biasa dimaksud sesar vertikal, tengah bentuk yang ke-3 biasa dimaksud sesar mendatar. Ada dua tipe sesar geser, ialah dextral serta sisnistral.

Satu diantaranya sesar yang ada di Pulau Sulawesi merupakan sesar Palu-Koro. Lantaran dimensinya yang besar, jadi sangat pas dimaksud metode sesar Palu-Koro. Lajur sesar ini berarah hampir utara-selatan, memanjang dimulai dari seputar batas perairan Laut Sulawesi dengan Selat Makassar hingga sampai pantai utara Teluk Bone. Panjangnya seputar 500 km.. Di darat, sesar ini punya panjang seputar 250 km., dimulai dari Teluk Palu hingga sampai pantai utara Teluk Bone.

Mula-mula sesar ini disebut sesar Fossa Sarassina selanjutnya disebut sesar Palu-Koro. Pergantian nama ini mungkin lantaran lajur sesar ini memotong Kota Palu (Lembah Palu) serta Sungai Lariang pada unit Sungai Koro (Lembah Koro) .

Mudrik (2016) menuturkan, berdasar pada hasil disertasinya, sesar Palu-Koro merupakan sesar aktif, berciri sinistral (pergeseran mengiri) dengan kecepatan maksimal seputar 50 mm/tahun.

Pada unit Palu - Kulawi, sesar ini berciri sesar normal serta membuat graben yang mengakibatkan Kota Palu hingga sampai Kulawi diapit oleh dua sesar normal. Kerap juga unit ini dimaksud metode sesar Palu-Koro. Tanda-tanda kehadiran metode sesar ini merupakan jumlahnya didapati mata air panas di ke-2 segi dataran pada Palu-Kulawi.
Simak Juga : macam macam siklus air

Sejumlah besar gempa yang berlangsung di lokasi ini, terutama Lembah Palu serta perairan Selat Makassar adalah peran dari kegiatan sesar ini. Histori gempa bumi tektonik yang disebabkan oleh kegiatan sesar Palu-Koro seumur dengan sebelumnya terbuat serta aktifnya sesar itu, beberapa ribu tahun yang saat kemarin.

Sejumlah besar gempa yang berlangsung di lokasi ini, terutama Lembah Palu serta perairan Selat Makassar adalah peran dari kegiatan sesar ini.

- -
Sejumlah yang sudah sempat terdaftar, yang mengakibatkan petaka merupakan Gempa Donggala 1927, mengakibatkan beberapa korban jiwa serta mengakibatkan tsunami dengan tinggi gelombang 15 mtr. yang menerjang pantai timur Teluk Palu, membuat perubahan daratan seputar 200 mtr. dari pantai termasuk juga di dalamnya daerah pasar Mamboro jadi basic laut.

Gempa bumi Tambu atau gempa Mapaga 1968, mengakibatkan tsunami dengan tinggi gelombang seputar 10 mtr., longsoran tanah, serta timbulnya mata air panas di selama pantai. Di Mapaga terdaftar seputar 790 rumah rusak serta menjadikan korban jiwa yang lumayan besar.

Gempa Bumi serta Air Laut Berdiri Karena Sesar Palu-Koro


Catatan gempa bumi di lokasi Timur Indonesia (Photo : Dr. Danny Hilman – LIPI)
Arti air laut berdiri merupakan istilah dari Penduduk ditempat buat petunjuk tsunami. Penduduk telah mengetahui gempa bumi serta air laut berdiri lama.

Menurut sumber dari Stasiun Geofisika Palu, gempa sempat berlangsung pada 1 Desember 1927, jam 12 : 37 waktu lokal dengan pusat gempa : 0. 5 LS, serta 119, 5 BT. Pusatnya di Teluk Palu. Gempa ini mengakibatkan rusaknya bangunan di Palu, Donggala, Biromaru, serta sekelilingnya.

Di Palu tiga kios besar di pasar rusak keseluruhan, yang lain rusak berat. Jalan penting, ketujuan pasar rusak berat serta bagian-bagian jalan di belakang pasar itu turun 1/2 mtr.. Pasar Biromaru rusak keseluruhan serta kantor kecamatan rusak berat. Kantor Pemerintah Daerah Donggala rubuh beberapa.

Gempa pun dirasa pada bagian tengah Sulawesi yang jaraknya seputar 230 km. dari pusat gempa. Berlangsung gelombang pasang dari Teluk Palu dengan ketinggian maksimal 15 mtr.. Rumah-rumah di pantai alami rusaknya, 14 orang wafat serta 50 orang luka-luka. Tangga dermaga Talise terbenam sekali-kali. Basic laut ditempat turun 12 mtr..

Gempa susulan dirasa hingga sampai di Parigi sampai 17 Desember 1927. Gempa serta air laut berdiri mirip pernah juga berlangsung pada tahun 1968 mengakibatkan tsunami dengan tinggi gelombang seputar 10 mtr., longsoran tanah, serta timbulnya mata air panas di selama pantai.

Ada juga catatan gempa besar di tahun 1938 dengan episentrum di daratan seputar Kecamatan Kulawi. Gempa tahun 1938 terekam seismograf pada taraf guncangan 7, 9 magintudo. Terus berlalu 30 tahun seterusnya, di tanggal 15 Agustus tahun 1968 sesar Palu Koro kembali mengakibatkan gempa besar sama dengan 7, 4 magnitudo. Episentrumnya ada di lokasi Pantai Barat Kabupaten Donggala. Gempa tahun 1968 kembali mengakibatkan tsunami besar setinggi 10 mtr..

Historis gempa sangat dekat yang terekam berbentuk guncangan Sesar Palu Koro di tahun 1996 (7, 9 magnitudo) , pun di tahun 2012 tempo hari dengan taraf 6, 1 magnitudo dengan episentrum di dekat Danau Lindu, Kabupaten Sigi.

Suatu rumus empiris, yang didasarkan pada hitungan-hitungan statistik, sudah dikemukakan oleh seseorang seismolog Jepang : jika periode berulangnya gempa-gempa besar merupakan dalam rentang waktu (69 ± 13, 2) tahun. Persisnya :  55, 8 hingga sampai 82, 2 tahun. Jadi, Gempa Donggala yang berlangsung lebih dari 50 tahun yang silam, ada dalam periode perulangan itu.

No comments:

Post a Comment