Friday, December 14, 2018

UBegini rus BPKB di Polda Metro Kini Kurang dari 5 Menit, Ini Alurnya

Direktorat Terus Lintas Polda Metro Jaya bikin terobosan baru dalam layanan pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) . Oleh karena ada e-BPKB ini, pengurusan BPKB baru sampai perubahan cuma makan waktu tak lebih dari 5 menit.

" Akhirnya kurang dari lima menit, dapat 2-5 menit usai, " kata Direktur Terus Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra terhadap wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/11/2017) .
Simaklah : contoh surat kuasa pengambilan bpkb
Halim mengemukakan, terobosan ini searah dengan program Promoter Kapolri (Profesional, Moderen serta Terpercaya) . Dengan e-BPKB ini, bisa kurangi budaya korupsi.

" Lantaran oleh karena ada e-BPKB ini kurangi persentuhan pada pemohon dengan petugas, proses cepat serta tak berbelit-belit, " ujarnya.

Proses ini dapat dilaksanakan oleh warga dengan membuka bpkb. net. Pemohon mesti isikan kolom pada pendaftaran di bokb. net itu.

" e-pendaftaran bisa terwujud seandainya data ranmor (kendaraan bermotor) udah tercatat di data base BPKB serta NIK (Nomer Induk Kependudukan) tercatat di Dukcapil, " kata Kasi BPKB Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Tartono.

Sehabis mendaftarkan dengan cara online, pemohon mendatangi kantor layanan BPKB dengan menyerahkan berkas-berkas ke petugas Pendaftaran serta Identifikasi (Regident) . Pemohon lantas dapatkan antrean elektronik (e-queue) yg udah ditambahkan dengan RFID.

" Sehabis dapatkan ID Card yg udah ditambahkan RFID, pemohon menge-tap ID Card itu buat membuka pelayanan e-form, " lanjut Tono.

Pemohon yg udah mendaftarkan dengan cara online, bisa melihat proses pengurusan BPKB dengan cara online dengan masukkan kode pendaftaran yg udah di terima di metode pendaftaran dengan meng-klik e-crosschek.


" Bila yg belum juga mendaftarkan dengan cara online, pemohon mesti masukkan nomer BPKB serta NIK terus menentukan pergantian yg diidamkan serta sesudah itu metode bakal mem-print out formulir permintaan BPKB, " sambungnya.

e-BPKB ini bukan hanya melayani permintaan BPKB baru. Untuk yg mau merubah kepemilikan atau balik nama bisa juga memanfaatkan e-BPKB ini, tetapi mesti membayar Bea Balik Nama (BBN) lebih dahulu lewat mesin EDC yg ada di kantor layanan.

" Bila BPKB pergantian, kelak nantikan nomer antrean diambil. Bila kendaraannya di-stop, karena itu proses pengisian data pada e-form tidak bisa dilanjut, " sambung Tobo.

Sehabis proses barusan usai, karena itu BPKB diprint dengan ditanda tangani oleh petinggi yg mengesahkan, distempel serta diverifikasi. Pemohon bisa ambil BPKB dengan isyarat terima signature receipt.

e-BPKB ini terinetgrasi dengan Agen Pemegang Merk (APM) . Buat kendaraan baru, APM bakal mendaftar kendaraan baru dengan kirim data serta scan dokumen lewat metode BPKB online.

" Keunggukan metode ini merupakan spesifikasi terjamin, ketepatan terjamin, proses cepat serta mudah, kepastian standard waktu pelayanan, " pungkas Tono.
sumber : contoh surat

No comments:

Post a Comment