Wednesday, December 19, 2018

Yuk Simak Posisi Imam Wanita Saat Sholat Berjemaah

Tiap-tiap Muslim direkomendasikan buat mengerjakan sholat dengan berjemaah. Ganjarannya makin lebih besar ketimbang sholat sendiri, 27 kali lipat.
Artikel Terkait : cara sholat taubat

Petunjuk ini laku untuk pria atau wanita. Bahkan juga, para wanita pun dibolehkan mengerjakan sholat jemaah pada sesamanya, di pimpin imam wanita dengan makmum pun wanita.

Pada jemaah pria, Imam ada di muka shaf pertama apabila jemaahnya lebih dari dua orang. Apabila makmumnya cuma satu atau dua, urutan imam cuma berjarak satu telapak kaki dengan makmumnya.

Nah, bagaimana urutan imam wanita? Selanjutnya kajiannya.
Simaklah : tata cara sholat hajat

Di Manakah Urutan Imam Wanita?
Dilansir dari bincangsyariah, urutan imam pada sholat jemaah wanita merupakan ada ditengah shaf makmumnya. Masalah ini seperti diterangkan Imam Syafi'i dalam kitab Al Umm.

" (Bisa) wanita berubah menjadi imam untuk banyak wanita yang lain dalam sholat fardlu atau yang lain, serta saya memerintahkannnya buat ada ditengah shaf (banyak makmumnya) . "

Pandangan Imam Syafi'i didasarkan pada hadis sejarah Ad Daruquthni dari Rithah Al Hanafiyah yg berkata,

" Aisyah sempat berubah menjadi imam kami, terus dia berdiri pada kami dalam sholat fardlu. "

Pun pada sejarah Ibnu Abi Syaibah dari Ummul Hasan yg menyaksikan Ummu Salamah berubah menjadi imam banyak wanita. " Serta dia (Ummu Salamah) berdiri berbarengan mereke dalam shaf mereka. "
Baca juga  : doa shalat istikharah

Namun, seandainya imam wanita tak ada di tengahnya shaf makmumnya, sholat jemaah itu terus resmi. Ini seperti diterangkan Imam Syafi'i.

" Apabila wanita itu berdiri di muka banyak wanita yang lain (makmum) , karena itu sholatnya serta sholat oragn yg ada di belakangnya terpenuhi (resmi) . "

No comments:

Post a Comment